Categories
Berita

Sebesar Dosen Positif COVID-19, Kampus USU Lockdown Lagi

VIVA – Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menutup operasional kampus yang akan dimulai pada Senin 27 Juli hingga 2 Agustus 2020. Penutupan operasional kampus ini berdasarkan surat edaran nomor 3969/UN5. 1/R/KPM/2020 yang disampaikan Rektor USU, Prof Runtung Sitepu.

VIVA   –  Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menutup operasional kampus yang akan dimulai pada Senin 27 Juli hingga dua Agustus 2020. Penutupan operasional kampus ini  berdasarkan surat edaran nomor 3969/UN5. 1/R/KPM/2020 yang disampaikan Rektor USU, Prof Runtung Sitepu.

“Menyikapi kondisi akhir-akhir tersebut. Di mana, semakin banyak pengajar USU yang dinyatakan positif COVID-l9. Bahkan telah ada yang wafat dunia, ” kata Runtung di keterangan resmi tertulis yang dikutip pada Sabtu, 25 Juli 2020.

Dia menjelaskan kebijakan penutupan operasional untuk keselamatan civitas dan mahasiswa-mahasiswi USU. Penutupan operasional ini untuk seluruh aktivitas serasi dengan surat edaran tersebut.

“Selama kala lockdown diharapkan semua pimpinan, dosen dan tenaga pendidik  bekerja dari panti (WFH) dan daftar kehadiran dilakukan secara online melalui sistem data presensi, ” jelas Runtung.

Baca Juga: Lonjakan Tajam di Kota Malang, 48 Orang Positif COVID-19 Dalam Sehari

Pun, ia menambahkan kebijakan ini dilaksanakan setelah mendapat masukan dari Majelis Wali Amanat (MWA) USU. Upaya    ini diambil sebagai bentuk kontrak USU dalam melindungi keselamatan serta kesehatan mahasiswa dan pekerjanya. Selain itu, sebagai wujud kepedulian di pencegahan penularan infeksi COVID-19.

“Demikian Surat Edaran ini dikeluarkan untuk dijalankan dengan sebaik-baiknya. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan pertolongan-Nya pada kita semua, ” tutur Runtung.

Sebelumnya, Runtung mengaku tengah menjalani isolasi mandiri & berakhir pada pekan ini. Karena, orang nomor satu di Kampus USU itu dinyatakan positif COVID-19 berdasar swab test dan hasil labotorium polymerase chain reaction (PCR) Rumah Sakit USU.

“Alhamdullilah sejak depan sampai saat ini, kondisi fisik saya segar dan bugar. Jumat (24 Juli 2020) sudah masa isolasinya, ” tutur Runtung.

Runtung positif COVID-19 dengan status orang tanpa fakta. Ia menjalani isolasi mandiri dalam rumah pribadinya di Sumut. Kemudian, istri, anak, menantu dan cucu Rutung   juga melakkan swab test dengan hasil negatif.

Selain Runtung, Wakil Rektor I USU, Prof Rosmayati dan suaminya, merupakan anggota Majelis Wali Arahan USU, Prof Darma Bakti serupa dinyatakan positif COVID-19. Keduanya, orang tanpa gejala atau OTG & tengah menjalani perawatan medis  pada RS Columbia Asia.