Categories
Berita

Keterangan KAMI Hari Ini, Refly Harun Sebar Undangan Terbuka

VIVA – Sejumlah tokoh akan mendeklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), hari ini. Deklarasi akan digelar pukul 10. 00 WIB di Lapangan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Agustus 2020.

VIVA   –  Sebanyak tokoh akan mendeklarasikan Koalisi Gerak-gerik Menyelamatkan Indonesia (KAMI), hari ini. Deklarasi akan digelar pukul 10. 00 WIB di Lapangan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Agustus 2020.

Salah seorang deklarator, pakar hukum tata negara, Refly Harun, menyampaikan di undangan itu menyebut beberapa nama perwakilan KAMI seperti Ahmad Menjalankan, Syahganda Nainggolan, Din Syamsudin, Gatot Nurmantyo, Rahmat Wahab.

Baca Juga: Rocky Gerung Cs Bikin Koalisi Kritik Negeri, Ngabalin Merespons

Refly menjelaskan dalam undangan itu diimbau agar hadir dalam 20 menit sebelumnya. Baju yang dikenakan antara lain keyakinan, kedaerahan atau batik lengan panjang.

Pun, acara keterangan ini nanti menerapkan protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker, hand sanitize r, dan physical distancing . Lalu, peserta dengan hadir diimbau hanya membawa bendera merah putih. “Dilarang membawa standar lain, ” ujar Refly dikutip VIVA. co. id dari video dengan diunggah di akun Twitternya, @ReflyHZ dalam Selasa, 18 Agustus 2020.

Dia menambahkan lebih sebab 100 tokoh akan hadir mendeklarasikan KAMI,   termasuk dirinya sendiri. Nama lain seperti Rocky Gerung, Said Didu, Chusnul Maryah, datang Neno Warisman.

“Jadi, saudara-saudara sekalian silakan kalau mau hadir karena kesibukan ini terbuka untuk siapa sekadar yang ingin hadir, ” ujar Refly.

Pun, dia menambahkan KAMI memiliki ‘Jati Diri’ yang terdapat sepuluh poin. Kata Jati Diri seperti visi misi KAMI terkait latar belakang, haluan, serta struktur organisasinya.

Sepuluh poin Jati Diri KAMI ini rencananya akan dibacakan pada deklarasi. Berikut 10 jati muncul tersebut:  

1. KAMI adalah gerakan bersusila rakyat Indonesia dari berbagai bagian dan komponen yang berjuang untuk tegaknya kedaulatan negara, terciptanya ketenteraman rakyat, dan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. SAYA berjuang dan bergerak untuk melaksanakan pengawasan sosial, kritik, koreksi, serta meluruskan kiblat bangsa dari seluruh bentuk penyimpangan dan penyelewengan.

3. ANA berjuang dengan melakukan berbagai jalan sesuai konstitusi, baik melalui les, advokasi, maupun cara pengawasan sosial, politik moral, dan aksi-aksi dialogis, persuasif, dan efektif.

4. KAMI jadi koalisi rakyat dengan latar belakang kemajemukan agama, suku, profesi, dan pertalian politik, menjunjung tinggi kemajemukan, kerukunan, dan kebersamaan. Pandangan dan perilaku KAMI adalah perwujudan dari hal-hal yang dapat disepakati.

5. KAMI mempunyai pandangan dan sikap resmi yaitu yang disepakati secara tertulis oleh dewan deklarator. Di luar itu merupakan pandangan dan sikap awak deklarator, atau jejaring pendukung KAMI di pusat, daerah, dan sungguh negeri.

6. KAMI sebagai gerakan tahu adat rakyat yang bersifat nasional menyambut dukungan dan penyaluran aspirasi anak buah di daerah-daerah dan warga negeri Indonesia di luar negeri baik tidak ada hubungan struktural-organisatoris, namun kami berkewajiban moral untuk menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi itu.

7. SAYA baik secara bersama-sama atau masing-masing, dan jejaringnya berjuang untuk haluan adanya perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga segala wujud penyimpangan dan penyelewengan dapat dihentikan.

8. KAMI bergerak secara berkesinambungan arah dasar keyakinan bahwa kebenaran & keadilan harus tegak, serta kebatilan dan kemungkaran harus sirna.

9. SAYA membagi struktur organisasi kepada:

A. Sidang Deklarator sebagai penentu kebijakan pokok dan strategis, dan dipimpin oleh presidium yang bekerja secara kolektif-kolegial memimpinkan gerakan sesuai jati dirinya.

B. Komite Eksekutif terdiri dari sembilan orang yang diangkat oleh presidium,   berfungsi sebagai motor penggerak koalisi, melaksanakan rencana-rencana strategis dengan diputuskan Dewan Deklarator dan membuat serta mengoordinasi divisi-divisi.

C. Komisi-komisi sebagai organ kerja sesuai sektor pembangunan nasional yang melaksanakan kerja/aksi pada bawah koordinasi presidium.

D. Divisi-divisi ialah organ dan instrumen koalisi yang melaksanakan rencana kerja/aksi sesuai bidangnya masing-masing.

10. KAMI sebagai gerakan dengan terorganisir, menerapkan disiplin ketat serta tegas atas kendali presidium yang dapat mengambil keputusan tertentu perlu nama baik dan efektivitas aliran.