Categories
Berita

Dicari Najwa Shihab, Menkes Terawan Giat Urus Biaya Pasien COVID-19

VIVA – Beberapa hari lalu, nama Menteri Kesehatan tubuh RI Terawan Agus Putranto penuh dibicarakan lantaran belum juga menutup undangan wawancara Najwa Shihab dalam Mata Najwa. Presenter itu belakangan memberikan rentetan pertanyaan tajam buat sosok Sang Menteri, namun sambil mengarah ke kursi kosong.

VIVA   –  Beberapa hari lalu, nama Gajah Kesehatan RI Terawan Agus Putranto ramai dibicarakan lantaran belum pula memenuhi undangan wawancara Najwa Shihab dalam Mata Najwa. Presenter itu akhirnya memberikan rentetan pertanyaan tajam untuk sosok Sang Menteri, tetapi sambil mengarah ke kursi polos.

Presenter kelahiran tanah air Makassar itu menjelaskan bahwa ia telah berkali-kali mengundang namun Bungkus Menteri tak kunjung hadir. Lantas, apa kesibukan Menkes Terawan sebenarnya?  

Menkes Terawan melalui Kementerian Kesehatan RI ternyata tengah mempercepat penyelesaian klaim biaya perawatan pasien COVID-19. Hingga masa ini jumlah RS yang telah mengajukan klaim  sebanyak 1. 356.

Menyuarakan juga:   Gak Cukup Kedok, dr Tirta Sebut Hal Pertama Cegah COVID-19

“Kami melakukan percepatan pembayaran klaim kepada rumah sakit yang melayani & merawat pasien COVID-19, tentunya buat menjaga cashflow dan mutu layanan vila sakit, ” kata Menteri Kesehatan Terawan, dalam keterangan tertulis, Rabu 30 September 2020.

Plt. Dirjen Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Prof Kadir menjelaskan lebih detail tentang prosedur klaim. Dimulai dari pengajuan klaim oleh vila sakit, pengajuan tersebut kemudian diverifikasi oleh BPJS Kesehatan, Kemenkes, dan Dinas Kesehatan Kabupaten atau Praja.

“Selanjutnya dilakukan pembayaran uang muka oleh Kemenkes. Setelah proses verifikasi lengkap dilakukan pelunasan klaim oleh Kemenkes, pembayaran diterima di rumah rendah, ” ujarnya.

Di dalam rangka proses percepatan penyelesaian permasalahan klaim dan klaim dispute penyajian Covid-19, Kementerian Kesehatan telah menyelenggarakan koordinasi dengan BPJS Kesehatan sebagai verifikator terhadap pelayanan klaim COVID-19 pada rumah sakit di seluruh Indonesia dengan dikeluarkannya SE DIRJEN YANKES NO. JP. 02. 03/III/3602/2020 tgl 22 September 2020 ttg Percepatan Penyelesaian Permasalahan Klaim serta Klaim Dispute Pelayanan COVID-19