Categories
Berita

Kodam Aceh Ciptakan Senjata Canggih Perang Informasi Revolusi Industri

VIVA – Instruksi Daerah Militer Iskandar Muda, Aceh, telah menciptakan senjata canggih untuk menghadapi peperangan informasi di masa Revolusi Industri 4. 0. Bersandarkan siaran resmi yang diterima VIVA Militer, Kamis 15 Oktober 2020, menurut Panglima Kodam Iskandar Bujang, Mayor Jenderal TNI Hassanudin, senjata baru itu berupa aplikasi bernama HASS IT.

VIVA   – Komando Daerah Militer Iskandar Muda, Aceh, telah menciptakan senjata canggih buat menghadapi peperangan informasi di kurun Revolusi Industri  4. 0.

Berdasarkan siaran resmi yang diterima VIVA Militer, Kamis 15 Oktober 2020, menurut Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Hassanudin, senjata baru itu bersifat aplikasi bernama HASS IT.

Nah, senjata baru itu bukan berbentuk senjata api ataupun rudal ya. Tapi, HASS IT adalah sebuah aplikasi bank data yang mampu mengirimkan dan menampung laporan dari seluruh prajurit Kodam Iskandar Muda.

Laporan yang bakal menyelundup ke bank data itu tidak cuma tentang gangguan keamanan selalu tapi juga kejadian bencana kaya banjir, kebakaran, tanah longsor, gempa bumi hingga tsunami.

“Kodam IM masuk ke di dalam perang informasi melalui aplikasi HASS IT, berupa manajemen data fakta geografi, demografi dan kondisi sosial masyarakat Aceh dengan Babinsa sebagai ujung tombak, ” kata Pemimpin Kodam IM, Mayjen TNI Hassanudin, saat menjadi narasumber Focus Group Discussion (FGD) Lingkungan Strategis (Lingstra) Gathering yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan RI secara virtual.

Selain iu, dalam kegiatan tersebut, Mayjen Hassanudin juga mengungkapkan suasana keamanan Aceh setelah 15 tarikh perdamaian.

“Masyarakat Aceh saat ini berkegiatan, aman, damai, dan produktif. Kejadian ini terwujud akibat masyarakat telah lelah, capek dan trauma akibat konflik di masa lalu. Saat ini, masyarakat Aceh siap menyambut siapapun yang datang, sesuai budayanya peumulia jamee adat geutanyoe (memuliakan tamu adalah adat kami), ” ujar Pangdam IM.

Baca: Bahaya, Banyak Prajurit TNI Terjangkit Penyakit Seks Kaum Nabi Luth