Categories
Berita

Negeri Siapkan 9, 1 Juta Vaksin COVID-19 Akhir November

VIVA – Kementerian Kesehatan RI tengah menyiapkan 9, 1 juta dosis vaksin COVID-19 di Nusantara. Rencananya, terdapat tiga jenis vaksin COVID-19 yang akan diterima dan digunakan pada akhir November 2020 ini.

VIVA   – Kementerian Kesehatan RI tengah menyiapkan 9, 1 juta dosis vaksin COVID-19 di Indonesia. Rencananya, terdapat tiga jenis vaksin COVID-19 yang mau diterima dan digunakan pada simpulan November 2020 ini.

Total 9, 1 juta jumlah vaksinvirus corona tersebut diberikan sebab Sinovac, Cansino dan Sinopharm. Vaksin Sinovac sendiri telah disiapkan dalam bulan November mendatang sebanyak 1, 5 juta dosis.

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 Naik di Long Weekend, Masih Mau Liburan?

Lantaran vaksin Sinovac diberikan dalam dua kala dosis, maka rencana pengiriman balik pada bulan Desember dengan total yang sama yakni 1, 5 juta dosis. Sama juga secara vaksin Sinopharm yang diberikan dua kali dosis pada tiap pribadi.

“Sinopharm sudah memberikan komitmen Desember kirim 15 juta dosis. Artinya, kalau penyuntikan perut kali bisa digunakan untuk tujuh, 5 juta orang, ” ujar Dirjen P2P dr Achmad Yurianto dalam konferensi pers Update Persiapam Vaksin COVID-19 di Indonesia, Senin, 19 Oktober 2020.

Dengan dua kali penyuntikan dari vaksin COVID-19 Sinovac dan Sinopharm, maka pemberiannya diberi jeda selama 14 hari. Dengan begitu, efek dari vaksin bisa berfungsi dengan maksimal dalam melawan serangan virus SARS-CoV-2.

Sementara, vaksin COVID-19 Cansino telah tersedia 100 ribu dosis dengan hanya satu kali pemberian vaksin. Sehingga, total keseluruhan ada sebesar 9, 1 juta orang dengan bisa diberikan vaksin COVID-19 itu pada akhir November.

“Kalau semuanya aman dalam sisi medis dan kehalalan, maka secepatnya kita akan bisa melakukan tersebut pada akhir November, ” tambahan Yuri.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk tersebut, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap melakukan 3M: Memakai Masker, Menggembala Jarak dan jauhi kerumunan dan Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak