Categories
Berita

Baliho Habib Rizieq Masih Banyak Terpatok di Jakarta Barat

VIVA   –  Papan iklan Habib Rizieq Shihab masih berserakan di kawasan Rawa belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat 20 November 2020.

Pandangan di lokasi sedikitnya ada tujuh poster maupun baliho yang terpasang tepat di pertigaan  Palmerah-Rawa  Belong ini.   Lokasi Baliho   berada  tepat di atas trotoar jalan dari Palmerah menuju Batu Hijau.

Bertulis kurang provokatif dengan warna merah, spanduk mengajak masyarakat menyambut kedatangan Kekasih Rizieq.

Baca juga:   Diperiksa 7 Jam Soal Acara Habib Rizieq, Ridwan Kamil Minta Maaf

Warga sekitar, Romli (37) mengatakan sudah perut minggu lebih baliho ini terpasang di kawasan ini. Kala tersebut, sejumlah orang dari ormas terang memasang.   “Mereka sebelumnya menjatuhkan baliho salah satu anggota DPR RI, ” ujarnya.  

Romli sendiri mengaku tak mempermasalahkan adanya baliho itu. Menurutnya, asalkan tak terpasang di pekerjaan, maka baliho tak mengganggu. “Kalau  tulisannya, saya enggan komentar deh, ” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya,   Pangdam Jaya, Mayor Jenderal  TNI  Dudung Abdurachman, mengaku telah memerintahkan anggotanya untuk menurunkan baliho Habib Rizieq.   Sebab, lanjut Dudung, Dasar Polisi Pamong Praja DKI Jakarta beberapa kali berusaha mencopot baliho itu, tapi selalu gagal. Massa FPI dinilai nekat memasang papan iklan itu lagi.

“Karena beberapa kali Satpol PP menurunkan, dinaikkan lagi. Jadi saya perintahkan anggota TNI yang turunkan, ” ujar Dudung.

Ia menegaskan, sejumlah pria berbaju coreng yang mencopot baliho Habib Rizieq adalah anggota Garnisun. Pencopotan tersebut dilakukan sebagai penertiban terhadap atribut yang dipasang di area terbuka.

Pangdam pun menguatkan, seluruh warga negara Indonesia lantaran kelompok mana pun harus patuh dan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang ada di Negara Kebulatan Republik Indonesia.  

Dudung kemudian memberikan ultimatum pada kelompok ormas Islam agar tak membuat gaduh keamanan dan ketertiban di Ibu Kota Jakarta, yang saat ini sudah aman dengan melakukan upaya memecah persatuan serta kesatuan bangsa.

“Saya peringatkan dan saya tidak mau segan-segan menindak keras yang coba mengganggu persatuan dan kesatuan karena merasa mewakili umat Islam. Tidak semua, banyak umat Islam dengan berucap baik, berkelakuan baik, ” ujar Pangdam Jaya.  

Categories
Berita

Tito Tak Hadir Rapat di DPR, Doli Kurnia Keluhkan Problem Besar

VIVA   –  Komisi II DPR menetapkan rapat dengar pendapat dengan Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu perkara data pemilih Pilkada 2020. Tetapi, rapat itu ditunda hingga membuat DPR kecewa.

Pemimpin Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia, menjelaskan rapat ditunda sebab Mendagri  Tito Karnavian mendadak tak bisa hadir.

“Karena ini sangat penting kita akan menjadwalkan ulang rapat kerja kita dengan Mendagri, KPU dan Bawaslu, ” kata Doli di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis, 19 November 2020.

Doli menjelaskan agenda rapat hari tersebut menurutnya sangat penting. Sebab, membahas data kependudukan di pilkada had pemilu ke depan.

Menurutnya, persoalan data pemilih ini sebagai permasalahan klasik setiap pemilu. “Saya kira ini problem luhur setiap mau pemilu. Setiap mau pilkada persoalan data penduduk tersebut selalu menjadi masalah, ” terang Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu.

Mengaji Juga: Yusril: Presiden Atau Mendagri Tidak Berwenang Mencopot Kepala Wilayah

Maka tersebut, ia mewakili Komisi II DPR RI menganggap persolan data pemilih sebagai urusan strategis. Bukan cuma bicara pilkada serentak tapi tersebut jangka panjang.

“Saya harap Pak Menteri datang. Itu bicara soal kebijakan yang mudah-mudahan kalau kita punya komitmen yang tinggi, masalah ini harusnya bisa selesai. Ini sekali lagi problem akut, enggak selesai tiap tahun, ” jelasnya.

Makin, Doli mengungkapkan beberapa temuan sejak anggota DPR terkait pencatatan bukti kependudukan yang tidak berjalan di daerah. Kata dia, hal ini jadi masalah bagi masyarakat dengan seharusnya mempunyai hak pilih, malah jadi hilang lantaran tidak memiliki e-KTP atau surat keterangan (suket) dari Disdukcapil.

Tempat mencontohkan kejadian saat mendatangi Lampung terkait tak adanya suket. “Kemarin saya datang ke Lampung, itu menyampaikan bahwa sekarang Dukcapil tersebut se-Lampung tidak menerbitkan Suket. Sementara orang yang akan datang ke TPS itu kalau tidak pakai e-KTP harus pakai suket, berarti nanti ada masalah di TPS, ” katanya. (ase)

Categories
Berita

Sedang Pandemi COVID-19, Perhatikan Ini pra Belajar Tatap Muka

VIVA   –  Pandemi Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 belum usai. Namun, sekolah pada beberapa daerah, termasuk di Jawa Timur, telah melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka.

Namun, ada beberapa hal dengan perlu diperhatikan sebelum belajar tatap muka itu betul-betul dibuka balik. Endah Setyarini dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jatim mengucapkan, sesuai dengan rekomendasi WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), IDAI menyarankan supaya sekolah ditutup dahulu selama pandemi. Jika pun terpaksa dibuka, wilayah tersebut harus berstatus zona hijau atau setidaknya zona kuning.  

”Pembelajaran tatap muka belum direkomendasikan selama suatu wilayah belum menjadi zona hijau, atau setidaknya zona kuning, ” kata pendahuluan Endah saat diskusi online bertema ‘Vaksin COVID-19 dan Kesiapan Bani Menjalani Pembelajaran Tatap Muka’ dengan diselenggarakan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Tulungagung-Jurnalis Sahabat Anak (JSA)-Unicef Nusantara pada Rabu, 18 November 2020.

Baca juga:   Setelah Anies, Polisi Bakal Panggil Ridwan Kamil Soal Habib Rizieq

Selain zona risiko, sendat Endah, ada banyak hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum membatalkan akan membuka sekolah. Di antaranya yaitu memetakan kasus positif bola lampu kelurahan, pemetaan lokasi sekolah tercatat dari mana saja muridnya bermula.

”Karena bisa selalu sekolahnya zona hijau, tapi muridnya ada yang dari zona merah, dan terjadi penularan sesama siswa, lalu ke orang dewasa di sekitarnya, ” ujarnya.  

Soal vaksin COVID-19 yang saat ini terus-menerus diujicobakan, Endah mengatakan masih dibutuhkan waktu serta uji klinis mengenai keefektifannya sebelum tersedia secara merata. WHO sendiri menyatakan bahwa setidaknya sudah ada lebih dari 100 perusahaan vaksin di berbagai negara yang sedang dalam proses uji klinis dan hingga saat ini belum final.  

Wakil Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Jatim, Atik Choirul Hidajah, memaparkan, jumlah kasus COVID-19 pada anak di Indonesia mencapai 9, 7 persen dari total penanggung COVID-19 atau sejumlah 24. 966 anak. Secara rinci jumlah tersebut terbagi menjadi 2, 4 persen anak usia 0-5 tahun & 7, 3 persen anak leler 6-18 tahun.  

Menurutnya, untuk kembali membuka madrasah dan melakukan kembali pembelajaran tatap muka tentunya dibutuhkan kajian secara ilmiah. ”Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan pilihan paling baik buat mencegah penularan antara siswa, beserta penularan siswa kepada guru, ” tandas Atik.    

Child Protection Spesialist UNICEF, Naning Pudjijulianingsih, menegaskan  prioritas zaman ini adalah bagaimana semua terlindungi. ”Yang penting bagaimana kesiapan madrasah dan guru. Kemudian siapa dengan mengawasi kalau PTM dijalankan. Apakah perlu ada Satgas?, ” ujarnya.  

Direktur LPA Tulungagung Winny Isnaini menambahkan, tersedia banyak hal yang perlu dipersiapkan baik oleh orang tua maupun anak-anak saat pandemi. Bagi orang tua  salah satunya adalah bersiap menghadapi kebiasaan baru seperti mendampingi anak belajar secara kekinian. (ren)

Categories
Berita

Sungai Meluap di Jambi, Buaya serta Ular Kobra Jadi Ancaman Warga

VIVA   –  Warga Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi khawatir dengan kondisi sungai meluap. Kekhawatiran ini karena kemungkinan  kemunculan bajul hingga ular Kobra setelah air sungai meluap ke permukiman panti warga.  

Data dihimpun VIVA , meluapnya air sungai diketahui tiba Senin sore, 16 November 2020 sekitar pukul 16. 00 WIB. Pun, hingga Selasa malam itu, 17 November 2020, debit cairan belum surut.  

Pjs Bupati Tanjung Jabung Timur, Varial Adhi Putra,   melegalkan adanya banjir dan warga diimbau berhati-hati.   “Terutama terhadap munculnya hewan-hewan melata seperti ular & kalajengking, ” ujarnya.

Baca Serupa: Kali Jambe di Bekasi Dipenuhi Tumpukan Sampah hingga 100 Ton

Dari pandangan di lapangan, tampak genangan banjir di Teluk Dawan masuk ke dalam rumah warga. Dengan kedudukan itu, warga pun mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Warga sekitar berharap pemerintah bisa memperhatikan masyarakat yang tersentuh musibah banjir.  

Salah seorang awak Teluk Dawan, Najib, mengatakan, banjir di Teluk Dawan biasanya di setahun ada sekali. Namun, dengan membuat warga panik karena Kali Teluk adalah habitat perkembangbiakan buaya.  

“Ada puluhan rumah tergenang banjir dan awak sangat panik dengan buaya serta ular kobra dan berharap pemerintah bisa memperhatikan masyarakat terkena musibah, ” ujar  Najib di kedudukan.

Hal senada disampaikan Lisa. Ia mengatakan sangat kacau dengan banjir melanda di Teluk Dawan karena buaya dan ular sering muncul. Hal ini karena lokasi berdekatan langsung dengan kali.  

“Banjir tersebut telah terjadi sejak sepekan terakhir dan berharap pemerintah dapat memberi solusi dengan membuat tanggul di bantaran sungai dengan tujuannya supaya banjir tidak lagi merendam bulevar dan pemukiman warga, ” ujarnya.

Categories
Berita

Kembaran Raffi Ahmad Terpukau Nge-vlog pada Rumah VP ANTV Otis Hahijary

VIVA   – Sosok tukang bakso Dimas Ramadhan atau Dimas ‘Ahmad’ beberapa waktu lalu mendadak viral di media sosial. Peristiwa ini lantaran banyak warganet dengan menyebut Dimas mirip dengan Raffi Ahmad.

Usai bertemu dengan Raffi, sejumlah tawaran syuting pun menghampiri pria yang saat ini dijuluki kembaran Raffi Ahmad tersebut. Terbaru, pada Minggu, 15 November 2020 kemarin, ia bersama Raffi menjadi host di pernikahan Sule serta Nathalie Holscher.

Baca Juga: Kembaran Raffi Ahmad Makin Ganteng, Warganet Tambah Kesal

Kini, Dimas juga mulai masuk ke dunia vlog. Sore keadaan ini, Senin, 16 November 2929, Dimas Ahmad diketahui mengunjungi kediaman Vice President Director ANTV, Otis Hahijary untuk syuting vlognya.

Saat tiba di sendi Otis, Dimas nampak terkesima dengan desain interior rumah mewah itu. Salah satu yang menarik ialah saat Dimas mengaku takjub secara sejumlah patung yang ada pada kediaman Otis.

“Saya biasanya lihat patung di mal buat baju, ” cakap Dimas saat menuju ruang mamah yang terletak di sebrang kanan bangunan rumah tersebut dikutip sejak Instagram Live.

Tak hanya itu, Dimas juga kaum kali bertanya kepada Otis Hahijary tentang makna atau interpretasi arca atau lukisan yang ada di kediaman Otis. Salah satunya adalah sebuah patung yang tengah berkunjung belakang saat berkemih di lengah sudut rumah Otis.

“Saya penasaran sama patung itu. Ini patung apa sih bungkus kayak orang pipis? ” tanya Dimas

“Sebenarnya jika diinterpretasikan, ini adalah kebebasan. Dia pipis di sorotan lampu. Freedom of expression . Kebebasan kalau kamu lihat ini kebalikan lukisan depresi perempuan itu, ” jelas Otis.

Kemudian, Dimas juga sempat bertanya kepada Otis bagaimana memahami kandungan buku. Hal ini menyusul dengan kekaguman Dimas terhadap buku yang dikoleksi Otis di perpustakaannya yang keseluruhan telah dibacanya.

“Pak, gimana sih tips cara memahami isi buku? ” tanya Dimas Ahmad.

“Kalau saya baca buku, senangnya weekend . Hobi mengucapkan buku sebelum tidur, karena aku percaya meresap. Pasti ada yang nyantel, ” jawab Otis.

Ketika kuliah, lecture note dengan saya rekam saya dengarkan memakai walkman sewaktu mau tidur. Sewaktu di alam sadar pasti ada yang tertangkap. Saya kasih tahu ke keponakan saya dan itu terapkan itu, ” jelas Otis Hahijary.

Categories
Berita

Nathalie Holscher Pakai Gaun Pengantin, Jantung Sule Keluar Masuk

VIVA   –  Penambul Entis Sutisna alias Sule telah menjadi suami dari Nathalie Holscher. Keduanya telah resmi menikah kurang waktu lalu di salah satu tempat makan di kawasan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat.  

Sebelum prosesi ijab kelulusan, Sule yang terlebih dahulu menuju meja akad sempat melihat Nathalie dari kejauhan saat akan menuju tempat yang sama. Sule dengan sempat senyum-senyum saat melihat Nathalie mengaku sangat terkesima dengan istrinya itu.  

“Waduh jantung saya sampai lalu-lalang lagi saking berkesimanya, ” kata Sule pada tayangan di ANTV, Minggu  15 November 2020.

Sule dan Nathalie kompak mengaku jika menjelang akad nikah keduanya memang merasakan deg-degan. Meski begitu, Sule mengaku benar bahagia karena acara akad perikatan bisa berjalan lancar.  

“Ya itu ungkapan enak lah dan alhamdulillah diberikan kelancaran. Alhamdulillah deg-degan ada campur baur lah, ” katanya.  

“Deg-degan tapi pura-pura aja sok-sok, ” kata Nathalie.  

Ijab kabul keduanya tentu tidak lepas sebab izin anak pertama Sule, Rizky Febian. Ia mengaku ikut baik saat melihat ayahnya telah menikah lagi dengan wanita yang dicintainya.  

“Sebagai anak yang paling besar amat betul ikut bahagia untuk hari ini selain di hari bahagia abu dan bunda ini adalah keadaan bahagia untuk Iky dan serupa adik-adik, ” ucap Rizky Febian.  

Selain itu, Rizky Febian juga bahagia karena bisa melihat keluarga besarnya berhimpun bersama lagi sekaligus menjaga persahabatan persaudaraan antar keluarga.  

“Apalagi bisa melihat keluarga mulia kumpul kembali, keluarga dari Indung juga bisa kumpul kembali, diharapkan kegiatan seperti ini bukan hanya dari sekarang aja melainkan kedepannya tetap bisa menjaga silaturahmi serta pastinya kedepannya kita perlihatkan kalau kita adalah keluarga yang selalu bersama bahagia bersama sampai akhir hayat yang memisahkan nanti, ” katanya.  

Categories
Berita

4 Kesalahan di Pagi Hari yang Bisa Bikin Gagal Diet

VIVA   –  Dalam proses diet, terdapat sebanyak hal yang bisa memengaruhi jalan seseorang. Gaya hidup yang tidak tepat serta pilihan makanan dengan sembrono bisa jadi penyebab situasi ini. Namun, siapa sangka bahwa rutinitas yang kamu lakukan di setiap pagi juga bisa berdampak pada usahamu untuk menurunkan berat badan ini.

Pasalnya, cepat merupakan waktu terpenting untuk menjadi penanda kamu memiliki gaya tumbuh sehat. Pagi hari merupakan zaman paling bermanfaat bagi tubuh buat menyegarkan energi dan metabolisme. Kala hari sudah berubah siang, biasanya kamu bakal terlalu sibuk bergerak atau melakukan sejumlah aktivitas.

Sejumlah kebiasaan baik yang kamu lakukan pagi hari mampu berdampak positif pada tubuh. Namun, sejumlah kebiasaan buruk yang kamu lakukan juga bisa berdampak membatalkan bagi kesehatan. Dampak buruk kesehatan ini juga bakal kamu bersahaja pada berat badanmu jika menerapkan kebiasaan yang tak tepat.  

Baca Selengkapnya…

Categories
Berita

5 Penusuk Anggota Timses Cawalkot Makassar Ditangkap, 1 Meninggal

VIVA   –  Lima orang yang diduga sebagai tersangka kasus penusukan terhadap seorang awak sukses salah satu pasangan bahan wali kota Makassar di wilayah Palmerah, Jakarta Pusat, ditangkap. Itu adalah F, MNM, S, AP dan S alias AR.

Kepala Bidang Hubungan Klub Polda Metro Jaya, Komisaris Mulia Polisi Yusri Yunus, mengatakan penangkapan ini berdasarkan pemeriksaan saksi & kamera Closed Circuit Television (CCTV) di lokasi kejadian.

“Kami berhasil mengamankan ada lima orang tersangka, ” kata Yusri di Markas Polda Metro Jaya, Jumat, 13 November 2020.

Kata dia, daripada lima orang yang dicokok, lengah satu antara lain meninggal dunia. Tempat adalah S alias AR, karena sesak napas akibat penyakit buah.  

Meski sempat dilarikan dan dirawat di sendi sakit, namun nyawanya tidak terselamatkan. Hingga kini, polisi masih melelah dua pelaku lainnya yang sedang buron.

“Saat saya melakukan penangkapan, tersangka S benar yang bersangkutan dalam kondisi sakit bawaan yang kemudian kita kembali ke rumah sakit. Yang bergandengan ada penyakit sesak napas serta di rumah sakit meninggal dunia, ” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang tim sukses salah satu pasangan calon wali kota Makassar menjadi korban penusukan di kawasan Palmerah, Jakarta Sentral.  

Korban ditusuk saat hendak mengikuti acara diskusi calon wali kota dan pemangku wali kota di salah kepala stasiun TV swasta di Jakarta. Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang Ajun Komisaris Polisi Haris mengemukakan, korban berinisial MM dan berusia 48 tahun.

“Iya benar, korban ditusuk oleh karakter yang sedang mengendarai motor. Sesudah ditusuk, mereka (pelaku) langsung melarikan diri. Kejadiannya di Palmerah, ” kata Haris, Sabtu malam, 7 November 2020. (ase)

Categories
Berita

COVID-19 Masih Ada, Ketua MPR Menimbulkan Pemerintah Gencar Lakukan 3T

VIVA   –  Sampai hari ini, kasus COVID-19 terus bertambah. Data terkini, Kamis 12 November 2020, pasien dengan terkonfirmasi positif ada penambahan sebanyak 4. 173 orang, sehingga ditotal orang yang terkonfirmasi positif ada 425. 291.

Sebab data tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan pandemi COVID-19 dalam Indonesia, belum ada tanda-tanda dapat dikendalikan secara pasti. Untuk tersebut Bamsoet meminta pemerintah melakukan evaluasi.

“Mendorong pemerintah melayani evaluasi kinerja yang sudah dilakukan selama ini dan melakukan terobosan agar dapat menekan perkembangan serta penyebaran COVID-19, serta menggencarkan dan mengoptimalkan penerapan testing, tracing , dan treatment (3T) pada seluruh Indonesia, ” kata politisi yang akrab disapa Bamsoet  tersebut, Kamis 12 November 2020.

Bambang mengucapkan pemerintah pusat dan daerah serupa menyiapkan dana agar testing atau tes rapid dapat dilakukan secara berkala. Khususnya di wilayah-wilayah dengan masih berada di zona merah atau orange.

“Dengan begitu tracing atau pelacakan dapat dikerjakan tepat waktu guna mencegah meluasnya penularan virus corona, ” ujar Bamsoet.

Politikus Golongan Golkar tersebut juga meminta pemerintah untuk terus melakukan pembaharuan bahan kasus positif COVID-19. Terutama semasa telah melakukan pemeriksaan spesimen setiap harinya.

“Mengimbau masyarakat agar disiplin di dalam menerapkan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dengan bubuk, serta menjaga jarak) secara bersamaan, dan menghindari kerumunan orang, sehingga upaya pencegahan penularan antar individu dapat dilakukan secara maksimal, ” ujar Bamsoet. (ren)

Seperti diketahui, saat tersebut jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu tanpa lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Kedok, Menjaga Jarak dan Jauhi Kelompok serta Mencuci Tangan Pakai Bubuk.

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Categories
Berita

Klopp Ungkap Jasa Besar Pelatih Legendaris AC Milan

VIVA   – Manajer Liverpool, Juergen Klopp mengakui Arrigo Sacchi memiliki pengaruh besar dalam karier kepelatihannya. Dia mengungkapkan, Sacchi telah mengubahnya dalam melihat dan memahami permainan sepakbola.

“Dia mengubah cara kita melihat & berpikir tentang sepak bola. Tempat salah satu pelatih paling berpengaruh yang pernah saya pikirkan, ” ucap Klopp kepada The Telegraph, seperti dilansir Tribal Football, Rabu 11 November 2020.

Sacchi seperti diketahui nyaris sudah memenangkan segalanya dalam permainan sepakbola sebagai pelatih AC Milan sebelum dia berhasil memimpin Italia menjelma runner-up di Piala Dunia 1994 yang digelar di Amerika Konsorsium.

“Karena dia, kami menilai ukuran lapangan dengan cara yang benar-benar anyar. Sebelum dia mengemukakan filosofinya, tersebut selalu hanya soal pertahanan kepala lawan satu dan yang dasarnya Anda menandai pemain lawan ke mana pun dia pergi. ”

“Jadi sebelum Sacchi datang, saya diberitahu siapa dengan akan saya kawal dan cuma itu. Gaya dan organisasi pertunjukan yang disusun Sacchi membuat segalanya sangat berbeda, ” jelas Klopp.

Klopp sendiri saat ini dikenal sebagai salah mulia pelatih papan atas dunia. Dia dikenal dengan permainan menghibur dengan kerap ditampilkan timnya dan keberhasilannya membawa Liverpool juara Liga Champions serta Premier League.