Categories
Berita

Menkes Dorong RSJ Punya MRI Canggih untuk Deteksi Gangguan Jiwa

VIVA –  Intervensi medis yang inovatif diperlukan untuk mampu menyembuhkan pasien gangguan jiwa dan autisme secara cepat. Inovasi intervensi medis ini bisa diterapkan dengan salah satunya dengan fasilitas kesehatan Magnetic resonance imaging (MRI).

VIVA   –    Intervensi medis yang inovatif diperlukan untuk bisa menyembuhkan pasien gangguan jiwa dan autisme secara cepat. Inovasi intervensi medis ini bisa diterapkan yang salah satunya dengan fasilitas kesehatan Magnetic resonance imaging (MRI).

Begitu disampaikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Ia mengatakan hal ini saat menyambangi Gedung Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Anak Rumah Rendah Jiwa (RSJ) Prof. Soerojo Magelang, Jawa Tengah.

Patuh Terawan, dengan hasil pemeriksaan MRI maka setiap penderita bisa didiagnosa kondisi kesehatannya. Kemudian, selanjutnya dokter bisa melakukan tindakan medis dengan sesuai.

Dia menyinggung kajian yang sudah dilakukannya menyangkut kunci penanganan provokasi jiwa dengan tekanan perfusi otak. Hal ini terkait tekanan perfusi otak yang ditingkatkan maka bakal berpengaruh terhadap kesehatan penderita.

Terawan menyampaikan cara memajukan perfusi itu ada beberapa ragam. Salah satunya bisa dengan fisioterapi. Namun, kata dia, sebaiknya tentu diiringi dengan inovasi intervensi medis berbasis MRI.

“Kita selama ini kan konservatif seluruh, dengan cara EKG, tapi tak melihat secara imagine , ” ujar Terawan, dalam keterangan resminya, Jumat, 11 Desember 2020.

Kata dia, masalah gangguan rohani dan autisme penting lantaran banyak juga yang menimpa kalangan budak remaja di Tanah Air. Real, usia anak-anak dan remaja adalah aset sumber daya manusia (SDM) bangsa.

Maka tersebut, ia mengingatkan pentingnya RSJ tersebut terdapat fasilitas MRI yang canggih. Dengan MRI, kelebihan lainnya mampu mendeteksi dini anak-anak yang gila dan autis.

“MRI yang canggih sekali, minimal 3 tesla. Tujuannya untuk melakukan deteksi pada anak-anak yang autis serta gangguan jiwa, ” jelasnya.

Pun, ia menekankan Departemen Kesehatan siap bantu rumah kecil dalam urusan inovasi intervensi medis. Bagi dia, inovasi ini diperlukan bukan hanya RSJ, tapi pula seluruh rumah sakit di Desa Air.

Usai lantaran RSJ Magelang, Terawan menyempatkan bertandang ke RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten, Jawa Tengah. Ia mengapresiasi fasilitas kesehatan di rumah sakit tersebut mulai dari MRI tenggat CT scan.

Wah, canggih ini fasilitas kesehatannya, lanjutkan inovasinya, ” kata Terawan memuji kondisi mesin MRI di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro.

Baca Juga: menkes=”” tag=”” www.viva.co.id=””>menkes-terawan-muncul-dan-ungkap-kenaikan-kesembuhan-covid-19″>Menkes Terawan Muncul dan Ungkap Kemajuan Kesembuhan COVID-19